DagDigDug Kehilangan Taring?

DagDigDug Kehilangan Taring?

d3-part2

DagDigDug boleh dibilang sebagai salah satu startup Indonesia yang paling hot dan produktif. Dengan dukungan beberapa orang yang mempunyai reputasi dan sekaligus mempunyai potensi rainmaker, layanan DagDigDug selalu laris pengunjung di awal peluncurannya.

Awalnya DagDigDug dimulai dengan layanan blog gratis yang berbasis WordPress Multi User, kini telah berkembang dengan adanya beberapa layanan web lainnya, seperti Ngerumpi, CuriPandang, dan LangsungEnak. Tak lama setelah kita mengulas tentang trio baru, DagDigDug sudah meluncurkan beberapa layanan niche yang baru lagi.

Saya rasa starteginya normal-normal saja, mengingat iklan masih menjadi sumber penghasilan utama di berbagai situs. Maka membangun halaman sebanyak mungkin, tentunya bisa dikonversi menjadi revenue kapan saja.

Politikana yang lahir semasa pra pemilu sempat menjadi situs favorit dalam topik politik. Dengan menggunakan mesin unik, Politikana juga mampu menunjukan kekuatan DagDigDug di sisi teknologi.

d3-chart1

Namun setelah pemilu usai, Politikana ternyata merosot banyak. Apakah pemilu memang telah usai dan Politikana tidak diperlukan lagi? Saya rasa politik adalah salah satu topik yang tidak mengenal musim, dan seharusnya bisa jadi bahan pembicaraan kapanpun.

Selain Politikana, beberapa situs baru yang diluncurkan juga tidak mengalami banyak lonjakan. Tidak seperti DagDigDug dan Politikana di masa muda-nya. Si Toni sempat berpendapat bahwa DagDigDug terlalu banyak tergantung kepada pertumbuhan secara organik, tanpa dibarengi suatu kampanye yang serius. Mungkin beberapa tiket gratis untuk nonton konser bisa mengembalikan pamor situs-situs besutan DagDigDug.

d3-chart2

Teori kedua adalah segerombolan fans DagDigDug hanya berputar di situs-situs tersebut. Bila layanan blog gratis merupakan sebuah topik umum, maka situs niche lainnya hanya cocok untuk sebagian fans saja. Sedangkan untuk berkembang, masih butuh waktu.

Bagaimana pendapatmu? Apakah ada saran-saran baru?

Comments are closed.