Google Social Search

Google Social Search

google social search

Google Social Search sudah dirilis beberapa waktu lalu. Konsepnya sangat menarik. Biasanya kita disuguhi dengan SERP (Search Engine Result Page) yang sama sekali tak bisa kita kontrol. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, perkataan teman pasti punya nilai trust lebih tinggi daripada perkataan orang yang sama sekali tidak dikenal.

Social Graph memberikan fasilitas pada kita untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan social graph/network yang kita miliki. Semua hasil pencarian yang ditampilkan pasti bsia dihubungkan dengan kita. Saya belum memastikan sampai sejauh berapa derajat, namun saya bisa melihat friend of friend masuk ke dalam SERP.

Di mana sebenarnya keunggulan Social Search?

Seperti yang telah disinggung di atas, soal trust. Kita cenderung lebih mengutamakan teman yang telah kita percaya. Jadi, apabila kita mencari layanan hosting murah, pastinya kita bertanya pada teman kita dulu. Bedanya, di sini kita tidak perlu bertanya langsung, tapi Google akan mengaggregasi konten dari teman-teman kita.

Jika kita punya network yang sangat kaya topik, atau sangat niche maka social search akan benar-benar terlihat value-nya. Wisdom of crowd-nya tidak akan berskala sangat massive namun akan dikustomisasi oleh expertise network yang kita punya. Opini dari teman yang sebelumnya tidak muncul di SERP karena terkalahkan oleh popularitas konten lain kini bisa terlihat.

Where does it fail?

Social search tidak akan banyak membantu jika expertise di dalam network Anda tidak banyak. SERP tetap akan muncul tapi hasilnya mungkin tidak relevan. Social search juga akan sangat bias karena hasil pencarian yang muncul tentu saja berasal dari orang-orang yang mirip Anda.

Where does it stay?

Social search bisa dipakai sebagai sarana riset yang mumpuni karena sangat personal. Seiring dengan bertambah populernya microblogging, hasil yang muncul akan semakin membaik akibat data yang semakin kaya. Kini kita punya sumber ke dua dalam hal mencari referensi dan rekomendasi. Saat ini memang masih bersifat komplementer namun suatu saat bisa saja Social Search justru jadi main page Google menggeser Google Search yang biasanya kita pakai.

Anda sudah pakai Social Search?

Comments are closed.