Why Social Media is Costly

Why Social Media is Costly

socialmediacost

Kita sudah kerap mendengan tentang social media, termasuk trik-trik pemasaran secara online lewat social media. Beberapa juga menganggap bahwa aktifitas yang anda lakukan, untuk promosi, membangun brand, entah lewat Twitter atau Facebook adalah cara yang paling ekonomis. Alasan utama karena fasilitas tersebut bisa digunakan secara GRATIS.

Namun dalam kenyataannya, aktifitas lewat social media itu tidak selalu ringan di kantong, seperti yang diperkirakan. Berikut adalah beberapa alasan.

Friends & Followers

Dari kata social sendiri, sudah tampak bahwa strategi ini menuntut banyaknya relasi. Semakin banyak Friends atau Followers, tentunya social media jadi semakin efektif. Jadi berapa banyak teman yang kau punya?

Time to Build

Dengan anggapan anda adalah seorang pengguna baru, Anda butuh waktu untuk membangun jaringan teman dan pengikut. Tergantung bisnis anda, belum tentu teman Anda tersebut masuk dalam kategori prospek. Dengan

Time to Maintain

Pada dasarnya aktifitas social media itu tentang percakapan. Jadi respon dari apa yang Anda lontarkan di Twitter, sudah sepantasnya di jawab, tidak dibiarkan begitu saja. Ini merupakan kesalahan paling umum dalam penggunaan social media. Social media is not a one-way street.

Time is Money

Dari proses dan waktu yang dibutuhkan, sudah terlihat bahwa waktu adalah yang paling banyak dibutuhkan. Untuk sebuah brand besar dengan kampanye social media, tentunya perlu staff khusus dengan keahlian khusus.

Dengan menyerahkan tugas ini kepada staff yang sudah ada (developer atau programmer misalnya), untuk melakukan aktifitas Twitter dan Facebook update, tentunya akan mengurangi produktifitas mereka. Begitu juga dengan para atasan yang harusnya lebih efektif melakukan tugas lainnya. Dengan kata lain, pengelolaan waktu sangat perlu dipertimbangkan.

Social Media is free to use. But for maximum result, it still will cost you something.

PS: NavinoT sedang dalam masa transisi. Toni baru ‘pindah kapal’, dan Ivan lagi prepping Goorme.com.

Comments are closed.