Toys to play

Toys to play

jetpack

Weekend sudah datang kembali. Bagi yang hobi nonton, mungkin ini saatnya nonton marathon. Bagi yang suka coding, mungkin ini saat yang tepat untuk hacking melepas penat mingguan. Apa yang bisa dibuat mainan weekend ini?

Jetpack

Addon mozilla ini baru saja menambahkan galeri dalam rangka melengkapi sitemapnya. Jika Anda telah akrab dengan Greasemonkey, Anda tidak akan terlalu merasa asing dengan Jetpack. Jetpack punya banyak kemiripan dengan Greasemonkey. Fitur utamanya adalah menjalankan skrip (javascript) pada halaman yang sedang dilihat. Bedanya dengan Greasemonkey, Jetpack lebih well-thought (belajar dari Greasemonkey juga) dengan desain yang tak tampak seperti hack.

Saat ini dengan Jetpack kita bisa menggunakan jQuery (included) untuk melakukan manipulasi DOM, dan melakukan XHR. Jetpack juga punya kemampuan menambah menu baik di context atau di toolbar. API untuk dukungan storage dan multimedia juga telah tersedia. Browse saja bebeerapa contoh Jetpack. Saya yakin Anda akan ternganga melihat kesederhanaannya. Sesuai moto Jetpack, Anda cukup perlu tahu HTML, CSS dan Javascript!

Contoh Jetpack, untuk mengedit gambar menggunakan Pixlr:

jetpack.future.import("menu");

jetpack.menu.context.page.on("img").add(function(target)({
  label: "Edit Image",
  icon: "http://pixlr.com/favicon.ico",
  command: function(){
    $.get("http://developer.pixlr.com/_script/pixlr_minified.js", function(js){
      var doc = target.document;
      var win = target.window;

      var script = doc.createElement("script");
      script.innerHTML = js;
      doc.body.appendChild( script );

      win.wrappedJSObject.pixlr.overlay.show({
        image: target.node.src,
        title: "Edited Image"
      });
    });
  }
}));

Ubiquity

Ubiquity menyediakan set perintah yang bisa dipakai di browser Firefox. Ubiquityberfungsi seperti konsol yang bisa dimunculkan dan punya konteks sesuai dengan halaman webyang sedang dilihat. Kita bisa memakai Ubiquity untuk mengupdate status twitter. Kita bisa menyorot sejumlah paragraf dan kemudian memakai Ubiquity untuk menerjemahkannya (tanpa harus dilempar ke halaman Google Translate).

What to hack? Tentu saja kita bsia membuat perintah-perintah baru dalam rangka memudahkan pekerjaan kita (atau orang lain) sehari-hari. Tidak hanya berinteraksi dengan halaman web, Ubiquity juga bisa berinteraksi extension yang kita install di Firefox, misal: Foxytunes.

Contoh “Hello World” dalam Ubiquity:

CmdUtils.CreateCommand({
  names: ["say hello"],
  execute: function hello_execute() {
    displayMessage("Hello, World!");
  }
});

Yang menarik dari dua mainan di atas adalah kita tidak perlu restart Firefox untuk menjalankan skrip yang telah kita tulis.

Nah, minggu ini mau pilih mainan yang mana? Atau mau mencoba Git?

Comments are closed.