Me Inc.

Me Inc.

ROAR!

Biasanya ABG selalu identik dengan pencarian identitas. Pencarian identitas ini sebenarnya adalah proses umum seperti yang dialami oleh semua produk. Pencarian identitas ini adalah usaha branding untuk memberikan karakteristik pada produk.

Terlebih dengan hadirnya social media, kita lebih cenderung memerlukan usaha untuk membedakan diri kita dari yang lain. Social media membuat kita bertemu lebih banyak orang daripada sebelumnya. Kecenderungan untuk mendapati orang lain dengan kemiripan dengan kita pun semakin banyak. Kini kita telah menjelma sebagai suatu produk dalam perusahaan bernama Me Inc. (Perusahaan Aku)

What is your power?

Apa kemampuan terhebat yang Anda miliki? Terkadang kita punya terlalu banyak hal yang kita sukai sampai-sampai kita kesulitan mengukur atau menentukan apa sebenarnya kekuatan super kita. Seorang superhero biasanya mengalami tahap denial karena perbedaannya dengan orang lain. Selama dia tidak mau menerima gift tersebut maka dia tidak akan pernah menjadi superhero. Superman tak akan bisa terbang selama dia tidak mau mau menerima kenyataan bahwa dia bisa terbang.

Terkadang kita membayangkan mempunyai kekuatan super seperti Superman, sementara kita menolak gen Hulk yang mengalir di darah kita.

Make a difference

Salah satu yang saya ingat dalam hal personal branding adalah “bakarlah jenjang karir” yang ditulis Tom Peters dalam majalah Fast Company tahun 1997. Jenjang karir membatasi diri kita untuk bekerja seperti job desc. Padahal untuk bisa benar-benar bersinar, kita harus melakukan lebih dari itu. Kalau performa kita selalu dibatasi job desc, kapan kita bisa memberi tahu orang lain apa yang jadi keunggulan kita?

Fokuslah pada apa yang Anda kerjakan dan berilah nilai lebih. Jangan ragu untuk mencapai extra mile. Terimalah pengakuan (credit) atas apa yang Anda lakukan.

What are you offering?

Terkadang apa yang rutin kita kerjakan tidak mampu mengakomodasi kemampuan terhebat kita. Oleh karena itu terkadang masih diperlukan usaha untuk memasarkan diri kita. beruntunglah kita karena kini telah ada berbagai macam channel yang bisa kita pakai untuk mengenalkan diri kepada orang lain. Blog, microblog. kopdar dan social media bisa kita gunakan untuk membangun profil sesuai yang kita inginkan. Terlepas dari keterbatasan pekerjaan tetap sehari-hari.

Yang tak boleh terlupa dari memasarkan diri kita: it’s all about the story

Jadi, apa yang telah Anda lakukan untuk Me Inc.?

PS:

Tahukah Anda bahwa membaca NavinoT secara rutin saja sudah memberikan pembeda pada Anda.

Comments are closed.