What I Learned from Open Hack Day

What I Learned from Open Hack Day

Yahoo Open Hack Day

Rasanya badan ini belum sepenuhnya pulih dari kegiatan Open Hack Day kemarin. Bisa dibayangkan, tidak tidur dari Sabtu sore sampai dengan Minggu sore. Untunglah Yahoo benar-benar tahu bagaimana menangani para geek yang coding semalam suntuk ini. Makanan, minuman, hiburan (Wii, PS, Jamaica Cafe — bukan lap dancer) tersedia tanpa kekurangan. Bahkan ada bean bags untuk geek yang mau coding sambil rileks.

Lalu, apa makna dan kesan yang saya dapat dari Yahoo! Open Hack Day?

Misunderstanding

Banyak yang mengira hacking itu selalu terkait security dan adanya hanya di dunia jaringan. Bahkan dalam video wawancara Yahoo dengan orang di jalan ternyata ada kesalahpahaman yang sama. Hacking itu bisa diartikan sebagai proses kreatif. Oleh karena itu bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang. Dalam konteks Yahoo! Open Hack Day proses kreatifitas yang terjadi adalah pembuatan value baru dari berbagai peralatan dan API yang disediakan Yahoo namun tidak dibatasi dari Yahoo saja.

Ideas are dime a dozen, but the rest are not

Ide memang mudah dicari. Semua hal yang kita lihat atau rasakan bisa dirangkai dalam sebuah ide. Tapi dengan batasan waktu dan lain-lain, ide-ide ini akan jadi langka. Ide yang semula tampak keren harus direvisi karena mungkin tidak akan bisa terwujud dalam semalam. Atau tidak ada resource yang mencukupi untuk mengimplementasikan ide tersebut.

Yahoo! Open Hack Day ini seperti project management satu malam. Siangnya kita menentukan ide yang cukup feasible dan malam sampai paginya kita melakukan pengembangan sambil melakukan monitoring dan revisi. Fitur yang di tengah jalan diketahui akan mamakan waktu lama akan mendapat prioritas terakhir. Di akhir kegiatan pastinya tujuan kita adalah hack selesai dengan hasil yang bisa didemokan.

Research is important

Terkait dengan poin kedua di atas. Kadangkala banyak faktor yang tiba-tiba kita temui tidak sesuai dengan harapan. Mungkin kita berharap konten lokal punya petunjuk lokasi atua meng-embed microformat. Tapi ternyata tidak. Mungkin dari sisi teknologi kita berharap teknologi A dan B bisa direkatkan dengan gampang. Ternyata pada akhirnya ada kendala yang belum terkirakan. Atau mungkin teknologi yang kita andalkan ternyata masih experimental. Tanpa riset cukup di awal kegiatan, akan muncul semakin banyak resiko kegagalan. Kita harus siap bermanuver saat menemui hal seperti ini.

All in all, Yahoo! Open Hack Day benar-benar luar biasa. Luar biasa melelahkan dan menyenangkan. Yang tak tergantikan adalah bertemu dengan Yahoo! dan Yahoo! fans dan bersama-sama hacking the codes. Yahoo! Open Hack Day rocks!

PS:

Ini pemenang favorit di Open Hack Day: Chat Plus by @ksetyadi

Comments are closed.