About Design Pattern

About Design Pattern

designpattern

What is Design Pattern

Design pattern adalah serangkaian solusi setengah jadi yang bisa digunakan ulang. Dalam konteks web umumnya dipakai dalam penerapan navigasi atau alur penggunaan suatu situs, agar lebih nyaman dan ‘masuk akal’ bagi penggunanya.

Some Examples

paging

Paging – Halaman hasil pencarian dengan puluhan, atau bahkan ratusan, halaman perlu ditata sedemikian rupa, sehingga pengguna bisa mengetahui berapa halaman yang telah dijelajahi, dan berapa halaman lagi yang perlu disimak.

Salah satu solusinya adalah memberi tanda khusus halaman sekarang dan menunjukkan total halaman yang ada. Pengguna harus bisa beranjak ke halaman awal, halaman sebelum atau sesudahnya, serta lompat langsung ke halaman terakhir.

form

Registration Form – Kiranya mana yang lebih efektif, label di atas, di bawah, atau di samping sebuah field? Bagaimana semestinya sebuah pemberitahuan ditampilkan atas kesalahan input? Di bagian atas atau bagian bawah formulir?

Why You Should Use It?

Faster Development – Dengan adanya solusi yang setengah jadi, waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan user interface bisa dipersingkat.

Field Tested – Sebuah solusi bisa dianggap sebagai sebuah design pattern, bila telah diuji dan terbukti kesuksesannya. Namun sayangnya tidak selalu gampang untuk mengukur kesuksesan dari solusi ini.

Flexible & ReusableDesign pattern biasanya muncul dalam bentuk yang setengah jadi. Selain bisa digunakan ulang, design pattern termasuk fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Part of Design Quality – Suatu desain yang sukses bukan hanya sebatas indah dipandang, tapi juga nyaman untuk digunakan. Penerapan design pattern yang benar akan meningkatkan kualitas dalam penggunaan produk. Tentunya juga mempengaruhi kualitas desain secara keseluruhan.

Few Things to Remember

Design is about solution – Peranan design dalam suatu web adalah memberikan solusi, agar informasi yang berusaha disampaikan tidak terhalang oleh faktor lain, seperti navigasi yang ribet. Sekali lagi, design bukanlah seni semata.

Doesn’t apply to every case – Dari segala design pattern yang telah ada, tidak bisa dicomot langsung tanpa tahap penyesuaian yang layak. Untuk beberapa kasus, solusi yang ada bahkan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu amati, dan jangan dipaksakan, bila memang tidak pantas untuk digunakan.

Some Resources

Berikut beberapa situs tentang design pattern yang bisa dijadikan panduan:

Apa pendapatmu tentang design pattern? Sudah digunakan? Apa benar menghemat waktu?

Comments are closed.