Apapun Bisa Jadi Platform

Apapun Bisa Jadi Platform

Platform Construction

Tepatnya jika kita tahu hal apa yang bisa jadi pondasi utama. Yahoo Messenger punya plugin dan SDK yang terbuka. Chat dalam Yahoo Messenger adalah pondasi utama dan sistem plugin menjadikannya sebuah platform bertumbuh bagi pihak ketiga. Firefox memiliki hal yang serupa.

Masih ingat Chat Plus yang jadi jawara Open Hack Day? Prinsip aplikasinya cukup sederhana tapi fungsionalitasnya benar-benar terasa. Dan jika Anda perhatikan selain fitur chat ada juga gambar dari Flickr, map dari Yahoo dan lain-lain yang ditempelkan dalam rangka menambahkan experience pengguna. Tempelan-tempelan ini tersambung dan beroperasi berdasar teks chat. Chat Plus adalah platform, in its early days.

Build on something great

Salah satu secret sauce membuat platform adalah harus ada unsur greatness dalam pondasi utamanya. Firefox sangat hebat dalam urusan browsing. Firefox benar-benar jadi WYSIWYG bagi web developer. Apa yang kita tulis benar-benar jadi seperti apa yang kita harapkan. Javascriptnya pun standard.

Dari greatness ini banyak yang mendapat harapan baru. Pustaka javascript yang serius pun bertumbuh, tidak lagi jadi sekedar side dish yang messy. Tidak hanya addon, bahkan hal lain yang tidak langsung berhubungan dengan Firefox juga ikut berkembang. Firefox is a platform.

Make it open

Yang ini tentunya no-brainer. Jika kita tak memberikan tempat untuk tumbuh bagaimana mungkin kita bisa jadi platform? Harus ada suatu komponen yang terbuka baik disengaja atau tidak. Harus ada sesuatu yang menghubungkan platform dengan dunia luar yang terbebas dari kontrol pemilik platform. Dalam banyak kasus, komponen konektor ini adalah API.

Facebook menyediakan konektor berupa canvas dan API supaya pihak ketiga bisa menempel. Facebook app memanfaatkan keterbukaan canvas dan API ini untuk membangun something big yang bahkan bisa menjadi another platform.

Make it easy

Kalau saja Firefox hanya membuka diri dalam bentuk C++, mungkin ceritanya akan berbeda dengan yang kita tahu hari ini. Untungnya Firefox membuka diri dalam bentuk Javascript, dan bahkan UI-nya disusun dengan XUL (subset XML). Dua teknologi ini lebih mudah dicerna dari pada C++. Akibatnya proses tumbuhnya pihak ketiga menjadi lebih cepat. Tak bisa kita bayangkan seumpama sebuah aplikasi membuka diri namun hanya dalam bentuk bahasa assembler. Ouch.

Oleh karena itu, banyak pemain besar yang berusaha menyediakan sebanyak mungkin dukungan bahasa perograman untuk API-nya. Tujuannya adalah mengakselerasi pertumbuhan pihak ketiga dan mematangkan platformnya.

Oke sekarang pertanyaan buat pembaca. Apakah Kaskus dengan Kaspay dan Kaskus API akan bisa mengubah Kaskus dari forum yang great menjadi sebuah platform? Menurut Anda apakah blog juga bisa diubah menjadi sebuah platform?

Comments are closed.