Yahoo+Facebook, Google+Twitter

Hey lets ride together, Yahoo said to Facebook

Tidak akan ramai kiranya jika NavinoT tak turut serta dalam diskusi tentang momen menarik beberapa waktu lalu. Kemarin, Yahoo dan Facebook sepakat untuk berteman lebih erat. Yahoo akan menambahkan Facebook Connect ke banyak, jika tak semua, aset-asetnya. Hal ini berarti nantinya kita bisa masuk ke Yahoo dengan akun Facebook. So?

Apa yang terjadi dengan Yahoo! Social Strategy?

Pertanyaan serupa muncul saat Yahoo mengumumkan kesepakatan dengan Microsoft untuk mensuplai Yahoo! search dengan Bing. Apa yang terjadi dengan Yahoo! search? Bukankah search adalah salah satu aset utama Yahoo? Walaupun sudah dinyatakan bahwa BOSS tampaknya tidak terpengaruh dengan kesepakatan ini, saya tak pernah merasa jelas bagaimana kesepakatan ini diimplementasikan.

Dan kini, Facebook yang notabene pemain social media justru dirangkul oleh Yahoo!. Seperti yang sudah kita tahu, Yahoo! memiliki Yahoo! Social Platform. Dalam mata saya platform ini adalah senjata Yahoo! untuk masuk ke perang social media secara lebih terbuka. Merangkul Facebook, secara implisit menampakkan seolah Yahoo! tak lagi mengangkat senjata. Memang belum ada kesepakatan lebih jauh ke arah sana, namun jika pertemanan ini menjadi lebih erat maka salah satu harus mengalah. Yang satu akan diserap oleh yang lain. Lihat saja Facebook dan Friendfeed.

User base

Yang pertama terbayang oleh saya adalah, berapa nantinya jumlah pengguna total Yahoo akibat kesepakatan ini. Yahoo sendiri menyebutkan bahwa hampir 50% penggunanya punya akun Facebook. Bberarti, minimal, Yahoo bisa mengembalikan 50% penggunanya yang mungkin sekarang lebih aktif di Facebook daripada situs Yahoo.

Namun hal ini tidak berarti jumlah penambahan pengguna yang datang ke Yahoo hanya sedikit saja. Sisa pengguna Facebook yang tidak menggunakan Yahoo sebelumnya bisa jadi lebih banyak dari 50% pengguna yang kedua layanan. Khususnya untuk regional non Asia.

Untuk Asia sendiri, kesepakatan ini akan jadi langkah raksasa. Karena banyak dari kita yang punya akun kedua layanan, efeknya bisa terasa seperti perusahaan yang merger. Yahoo is Facebook and Facebook is Yahoo.

Di mana Google?

Google hari ini sepertinya tak mau tersalip di tikungan. Hari ini Google mengumumkan bahwa Google Friend Connect telah mendukung akun Twitter. Kini kita bisa login ke sistem FriendConnect menggunakan akun twitter kita. Google Friend connect ini rasanya tak terlalu laris karena valuenya tidak begitu terasa. Namun dengan mendukung Titter berarti Google akan punya banyak pengguna baru untuk mensukseskan Google FriendConnect. Dan pengguna Twitter-pun akan mendapatkan ekstra benefit karena bisa mengakses jaringan Friend Connect. Well, most benefit ada di Google sih. Hmm, lucu juga ya, untuk mengambil manfaat dari user base layanan lain kita tinggal support loginnya saja.

Oke, masih ada raksasa yang belum saya sebut. Kira-kira apa langkahnya? Cuek?

PS:

DailySocial juga punya opini menarik tentang hal ini.