Yahoo+Facebook, Google+Twitter

Hey lets ride together, Yahoo said to Facebook

Tidak akan ramai kiranya jika NavinoT tak turut serta dalam diskusi tentang momen menarik beberapa waktu lalu. Kemarin, Yahoo dan Facebook sepakat untuk berteman lebih erat. Yahoo akan menambahkan Facebook Connect ke banyak, jika tak semua, aset-asetnya. Hal ini berarti nantinya kita bisa masuk ke Yahoo dengan akun Facebook. So?

Apa yang terjadi dengan Yahoo! Social Strategy?

Pertanyaan serupa muncul saat Yahoo mengumumkan kesepakatan dengan Microsoft untuk mensuplai Yahoo! search dengan Bing. Apa yang terjadi dengan Yahoo! search? Bukankah search adalah salah satu aset utama Yahoo? Walaupun sudah dinyatakan bahwa BOSS tampaknya tidak terpengaruh dengan kesepakatan ini, saya tak pernah merasa jelas bagaimana kesepakatan ini diimplementasikan.

Dan kini, Facebook yang notabene pemain social media justru dirangkul oleh Yahoo!. Seperti yang sudah kita tahu, Yahoo! memiliki Yahoo! Social Platform. Dalam mata saya platform ini adalah senjata Yahoo! untuk masuk ke perang social media secara lebih terbuka. Merangkul Facebook, secara implisit menampakkan seolah Yahoo! tak lagi mengangkat senjata. Memang belum ada kesepakatan lebih jauh ke arah sana, namun jika pertemanan ini menjadi lebih erat maka salah satu harus mengalah. Yang satu akan diserap oleh yang lain. Lihat saja Facebook dan Friendfeed.

User base

Yang pertama terbayang oleh saya adalah, berapa nantinya jumlah pengguna total Yahoo akibat kesepakatan ini. Yahoo sendiri menyebutkan bahwa hampir 50% penggunanya punya akun Facebook. Bberarti, minimal, Yahoo bisa mengembalikan 50% penggunanya yang mungkin sekarang lebih aktif di Facebook daripada situs Yahoo.

Namun hal ini tidak berarti jumlah penambahan pengguna yang datang ke Yahoo hanya sedikit saja. Sisa pengguna Facebook yang tidak menggunakan Yahoo sebelumnya bisa jadi lebih banyak dari 50% pengguna yang kedua layanan. Khususnya untuk regional non Asia.

Untuk Asia sendiri, kesepakatan ini akan jadi langkah raksasa. Karena banyak dari kita yang punya akun kedua layanan, efeknya bisa terasa seperti perusahaan yang merger. Yahoo is Facebook and Facebook is Yahoo.

Di mana Google?

Google hari ini sepertinya tak mau tersalip di tikungan. Hari ini Google mengumumkan bahwa Google Friend Connect telah mendukung akun Twitter. Kini kita bisa login ke sistem FriendConnect menggunakan akun twitter kita. Google Friend connect ini rasanya tak terlalu laris karena valuenya tidak begitu terasa. Namun dengan mendukung Titter berarti Google akan punya banyak pengguna baru untuk mensukseskan Google FriendConnect. Dan pengguna Twitter-pun akan mendapatkan ekstra benefit karena bisa mengakses jaringan Friend Connect. Well, most benefit ada di Google sih. Hmm, lucu juga ya, untuk mengambil manfaat dari user base layanan lain kita tinggal support loginnya saja.

Oke, masih ada raksasa yang belum saya sebut. Kira-kira apa langkahnya? Cuek?

PS:

DailySocial juga punya opini menarik tentang hal ini.

17 comments
Catering
Catering

ada lagi tuch di yahoo hi5 ... teman teman yg sudah nyobain gimana trims

Rias Pengantin
Rias Pengantin

bagus..bagus...baguss itu kata ipin & upin...he-he-he

purwoshop
purwoshop

wah tfs mas ivan..menarik untuk disimak kelanjutannya yah. Gimana hasilnya nanti ^_^ tlg terus diupdate soal ini..salam kenal yah

mupet
mupet

Seiring dengan berjalanya waktu masing masing kubu mulai merapat dan bersekutu, kalo boleh ikut menilai, posisi google + twitter sepertinya lebih meenguntungkan, karena keduanya boleh di bilang sangat agresif dan fast moving. Memang kalo dilihat dr social media, facebook paling kuat, tp in the future facebook akan mulai menemukan titik jenuh sehingga tidak banyak improvisasi yang bs mereka kembangkan sedangkan twitter masih banyak langkah dan improvisasi yang bisa mereka implement kedepanya. Hanya opini pribadi :D

Kristiono Setyadi
Kristiono Setyadi

Hiiyaaa.. barusan komen di DailySocial, sekarang di Navinot ah. Rame nih. Google vs Yahoo! and Facebook vs. Twitter. Google yang peringkatnya diatas Yahoo!, menggandeng Twitter yang peringkatnya di bawah Facebook. Sebaliknya, Yahoo! yang berada di bawah posisi Google, menggandeng Facebook yang "menang" dari Twitter.

Posisi seimbang. Bakalan rame :D

oglek
oglek

publisher bersaing, user lah yang paling diuntungkan :)

famdy
famdy

bagus juga mereka merger, kan bagus buat kita juga khan....:)

NanLimo Bertuah
NanLimo Bertuah

makin penas aja persaingan mereka...

simbiosis mutualisme????

Salam Sukses dari Pekanbaru Riau.

izzy
izzy

Berita bagus Gan.:)
Thank`s...

furqon ramdhani
furqon ramdhani

Keep your friends close, and your enemies closer. Sun-tzu
:)

sigit @ visualmagz
sigit @ visualmagz

hmm... kapan ya startup lokal akan digandeng perusahaan-perusahaan seperti Yahoo, Google, FaceBook, dll?

rm
rm

still can't figure out what Google is up to. GFC gak ada yang pake, cuma iseng2 but doesn't solve any problem. Penasaran banget liat langkahnya Google...

sobat blog
sobat blog

mari berbagi informasi untuk mendapat keuntungan dari search engine

LeadeRStreeT
LeadeRStreeT

iyah yah,,kayaknya search engine skala indonesia masih butuh pengembangan n dukungan pemerintah....