The Flashback of 2009

The Flashback of 2009

Berikut ini adalah kilas balik dari prediksi NavinoT di awal tahun 2009. Mari kita lihat apa saja yang sesuai prediksi, mana yang yang meleset, dan bagaimana perkembangannya.

Google & Facebook masih menjadi dominasi internet, bahkan Facebook sudah mulai mengancam posisi Google di peringkat teratas. Namun entah Facebook yang masih belum stabil dengan sumber keuangan, ditambah situasi ekonomi yang buruk, langkah IPO Facebook masih belum terealisasi. (Wrong!)

Online Identity War – Di antara Google Friendconnect dan Facebook Connect, sudah terlihat jelas dominasi Facebook. Karena faktor social graph, Facebook Connect jadi lebih menawan. (Correct!)

Platform – Tidak hanya Apple dan iPhone-nya, tetapi juga layanan web yang berubah menjadi platform, telah mengundang banyak perhatian. Developer telah banyak melihat Facebook Application dan Twitter sebagai platform baru yang patut dipertimbangkan. (Correct!)

Merger & Acquisition – Tidak banyak terjadi karena faktor ekonomi yang tidak stabil. Para pelaku usaha cenderung wait and see. (Wrong!)

Cloud Computing – Karena didera begitu banyak masalah, terutama masalah kepercayaan dan kinerja yang stabil, cloud computing masih belum bisa merebut hati pasar sepenuhnya. Kemajuan memang tampak, tetapi masih jauh dari yang kita harapkan. (Wrong!)

Twitter & Business Model – Walaupun sudah menerima imbalan dari hasil kerjasama dari berbagai layanan mesin pencari, business model Twitter masih belum jelas. Tampaknya Twitter masih bersikeras untuk menjadi mandiri dan tidak mau dibeli perusahaan lain. (Wrong!)

Blog Network – Aktifitas blogging sudah bukan lagi aktifitas individual. Ini terbukti dengan semakin banyaknya blog lokal yang diolah lebih dari satu orang, seperti Bloggingly, ArusMedia, dan DailySocial. (Correct!)

Mobile Application – Karena demam Blackberry dan mobile internet secara umum, pengembang lokal juga mulai banyak mempertimbangkan aplikasi mobile. Seperti Koprol yang mengandalkan location-based atau Domikado sebagai panduan di Blackberry. (Correct!)

Content Filtering – Satu hal yang paling menonjol adalah pergeseran penggunaan RSS ke arah Twitter. Dengan kata lain, RSS jadi semakin penuh karena saling tumpang tindih, sedangkan Twitter malah lebih berguna untuk merekomendasikan bacaan menarik, bahkan secara real-time. Namun saya berpendapat, begitu Twitter semakin tumbuh, content filtering juga akan menjadi semakin bermasalah. (Wrong!)

Yahoo! – Si ungu yang satu ini mengakui kewalahan dan rela melepas bisnis mesin pencarinya. Bahkan untuk urusan social networking, kini diserahkan ke Facebook. Tampaknya Yahoo! masih berusaha bertahan dengan fokus ke bisnis portal. (Correct!)

Ivan’s Score: 5 out of 10


Linux KDE – Apa kabar Linux di 2009? KDE 4.x sesuai target telah bisa dijadikan production desktop dan bukan lagi produk eksperimental. Namun sayangnya, fitur semantic desktop yang saya tunggu belum dapat dinikmati sepenuhnya. Masih ada perubahan back-end untuk Nepomuk dari Redland ke Virtuoso, dalam rangka meningkatkan perfoma. But fret not, sudah ada implementasi fitur semantic desktop yang lebih bagus dari versi resmi saat ini. (Correct!)

Nokia Qt – Tahun 2009 ternyata Qt 4.x belum selesai di-port ke S60. Namun tak berarti Nokia tidak punya prestasi. Maemo 5 cukup bisa menyita perhatian banyak orang dengan penampilannya yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya baik untuk hardware maupun software. Sebuah alternatif menarik selain Android yang menggebrak setelahnya. Dibanding Android, Maemo 5 masih sarat built-in killer feature yang mengambil keuntungan dari device maupun software. (Wrong!)

WordPress – WordPress sudah hampir mencapai versi 3.0. Rupanya Matt Mullenweg punya fokus yang kuat dan tidak tergoda untuk melakukan banding stir ke arah platform microblogging. Seperti BuddyPress, dukungan penuh untuk microblogging mungkin akan disisihkan ke model pengambangan di luar core WP. Mungkin juga diserahkan ke komunitas. (Wrong!)

Apple – Apple rupanya tak mengeluarkan perangkat pengubah standar (eg: iPhone, iPod) di tahun 2009. Yang sempat ditinggalkan adalah kemarahan developer akibat kebijaksanaan iTunes Store yang merepotkan proses release early, release often. Sebuah bug yang mestinya bisa langsung di-release fix-nya dalam satu hari, harus menunggu proses review yang bisa sampai satu minggu. (Wrong!)

Mobile Community – Apakah tahun 2009 memunculkan komunitas berbasis mobile? Mobinity baru saja meluncurkan situs berbasis mobile, namun untuk bisa disebut komunitas tampaknya masih memerlukan beberapa waktu lagi. Oh ya, koneksi 3G tidak banyak berkembang dari tahun sebelumnya. (Wrong!)

Local Start-Ups – Tahun 2009 rupanya jadi tahun awal kebangkitan start-up lokal. Baik dari segi jumlah atapun prestasi. Sepertinya link dan sorotan lampu dari media mainstream dan blog punya pengaruh tersendiri dalam proses kemunculan start-up lokal ini. (Correct!)

Toni’s Score: 2 out of 6

Comments are closed.