Startup Currencies

Startup Currencies

Dengan begitu banyaknya startup lokal yang bermunculan, kompetisi akan menjadi sengit. Tapi tentu saja peluang kerjasama juga terbuka makin lebar. Tapi, jika kita adalah startup yang masih bermasalah di bidang finansial tentunya ada hal non-finansial yang kita jadikan poin dalam kerjasama. Dan bahkan, untuk startup yang tidak bermasalah dengan persoalan finansial pun tak selalu bekerjasama dengan dasar finansial.

So Pasti Attention

Yang dicari semua startup adalah attention, dengan harapan terakhir bisa dikonversi menjadi profit. Sayangnya, terlalu banyak pihak yang berkompetisi mencari perhatian sehingga tak semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan perhatian. Satu pihak mungkin lebih dominan daripada yang lain sehingga pihak lain menjadi tertutupi.

Fret not, attention adalah nilai akhir. Untuk mencapainya kita bisa menggunakan berbagai macam channel. Channel inilah yang saya sebut web currency.

Content

Konten secara tidak langsung menjadi mata uang lewat pageviews dan visitor count. Konten bisa kita gunakan sebagai mata uang yang nilai bisa bervariasi. Semakin niche, semakin susah pula konten dicari dan semakin mahal pula harganya. Konten yang otentik seringkali memerlukan investasi yang besar. Review produk yang sungguh-sungguh memerlukan akses langsung pada produk terkait. Review smartphone Android terbaru tentunya memerlukan hardware sesungguhnya. Konten yang merupakan hasil analisa tentunya memerlukan riset yang memakan waktu.

Membership

Siapa sih yang tak menginginkan member. Data kontak pengguna dan profilnya menjadi harta karun bagi startup yang bisa mengkonversinya menjadi uang. Facebook sudah menjadi bukti anggun bagaimana user profile dimanfaatkan untuk meningkatkan performa iklan.

Kita bisa menggunakan data membership yang kita punyai sebagai mata uang dalam kerjasama. Bentuknya bisa berupa SSO lewat OpenID, OAuth, dan berbagai metode otentikasi lain. Dengan metode SSO ini kita bisa dengan aman berbagi membership tanpa sepenuhnya menyerahkan data pengguna. Koprol bisa “berbagi” user dengan SalingSilang, startup lain.

Social Activities

Yang ini agak baru. Sebelum datangnya era Web 2.0 tidak ada aktivitas sosial seperti likes, comment atau sharing. Pun ada, efeknya tidak sama signifikan dengan situasi masa kini. Mata uang ini adalah the next step dari plain membership dan content. Yang dipertukarkan adalah aktivitas pengguna, bukan data profilnya. Hasil akhir aktivitas ini bisa dikonversi menjadi popularity, preference, dan lain-lain. Data-data bentuk akhir inilah yang punya nilai langsung bagi suatu produk startup.

Okay, sekarang Anda bisa revise proposal dan segera pitch startup seksi yang Anda taksir itu. Siap?

Comments are closed.