About Us: Building Trust

About Us: Building Trust

Industri Internet Indonesia mulai berkembang, dan pengguna kita mulai dewasa dengan beranjak ke macam penggunaan Internet yang lebih serius, seperti transaksi jual beli, hal-hal yang melibatkan keamanan data, atau kepentingan privacy.

Dengan konsekuensi persaingan yang semakin sengit, sebagai penyedia layanan kita juga harus peka akan hal ini. Kadang kala kita lalai akan hal-hal sepele yang sangat membantu reputasi kita di dunia maya.

Salah satunya adalah halaman “About” atau “Contact” yang sangatlah umum di sebuah peta situs. Mengapa demikian penting?

Never Perfect Homepage

Halaman “Homepage” selalu simpang siur dengan berbagai informasi yang berusaha informatif, sekaligus menarik. Bahkan ada agenda lain, seperti registrasi, menempati prioritas yang lebih tinggi. Sehingga halaman depan tidak cukup untuk menjelaskan identitas kita di dunia maya.

Identity & Trust

Untuk mengetahui jati diri situs tersebut, umumnya pengguna mulai melirik ke halaman “About” atau “Contact” yang seharusnya lebih informatif. Halaman “About” tidaklah begitu penting, sampai kita mulai berurusan dengan transaksi yang melibatkan uang.

Saya kirim uang ke siapa?

Pertanyaan di atas cukup masuk akal ketika kita mulai bertransaksi. Kita berhak tahu siapa yang bertanggungjawab bila ada kesalahan dalam proses pembelian atau pengiriman.

Build Expectation

Halaman “About” juga membantu pengguna untuk memberi sedikit harapan tentang apa yang bisa dilakukan atau dinikmati di situs tersebut. Ini penting bagi situs aplikasi web yang cenderung untuk menyajikan suatu yang baru, yang biasanya tidak terpikirkan sebelumnya.

—-

Nah, dari sederetan masalah yang ada, bagaimana seharusnya membuat halaman “About” yang ideal?

Start with Domain Name

Dimulai dari domain name, yang merupakan identitas di dunia maya, perlu adanya keserasian antara nama dan isi dari situs. Nama domain yang aneh, misalnya “Area 51”,  dan sekaligus berusaha berjualan perlengkap bayi, tidak akan gampang menciptakan kesan pertama yang sukses.

Short & Simple

Meskipun selalu dibilang penting, pengguna juga jarang mau membaca halaman “About” yang berbelit. Oleh karena itu sediakan juga versi “Twitter” atau “One-liner” yang cukup untuk memberikan gambaran tentang produk dan layanan situs tersebut.

Who’s Responsible?

Trust selalu berkaitan dengan sosok yang bertanggung jawab akan segala sesuatu yang mungkin terjadi. Anda bisa menyebutkan profil perusahaan atau perorangan, dengan kontak info yang lengkap. Nama seseorang mungkin lebih susah untuk dipercaya, bila dibanding nama sebuah perusahaan yang terdaftar.

Physical Address

Alamat fisik dari penyedia layanan juga merupakan informasi yang sangat membantu membangun kepercayaan. Selain bisa di-verifikasi, tidak bisa terlalu sering berpindah tempat, juga telah melewati persyaratan atau ketentuan hukum yang berlaku. Seperti persyaratan domisili sebuah P.T.

—-

Nah, sudahkah Anda menyebutkan jati diri, serta maksud dan tujuan bisnis Anda? Apakah sudah cukup singkat?

Comments are closed.