Akuisisi Koprol.com, Artinya?

Akuisisi Koprol.com, Artinya?

Mudah-mudahan tidak terlalu basi untuk membahas soal akuisi Koprol. Timingnya memang tidak pas untuk kategori hot news, tapi tak akan pernah cukup basi untuk hidangan khas “slashing the web and internet strategy” a la NavinoT. So wassup?

Ingat Lagi Tentang Exit Strategy

Exit strategy memang materi jebakan. Bagaimana tidak. Bubble burst satu dekade lalu juga terjadi karena trend exit strategy yang mirip satu sama lain, yakni: IPO. None the less, exit strategy tetap perlu. Tetap harus ditentukan ujung dari startup kita. Mau hidup berapa tahun, dengan cara seperti apa dan bagaimana cara keluar lubang (jika kita terperosok) dengan cara yang paling tidak menyakitkan. Kalau bisa malah harus sambil membawa tas berisi profit.

Pindahnya Koprol ke tangan Yahoo! pasti akan menjadi cerita sukses dalam buku panduan startup tahun-tahun ke depan. Beberapa hal akan coba ditiru dan diulang dengan harapan sukses yang sama. Mudah-mudahan saja proses tersebut akan menghasilkan boom yang kuat dan bukan bubble besar namun kosong.

What Can Go Right, Will Go Right

Kebalikan dari what can go wrong, will go wrong. Yang punya peluang sukses pasti akan sukses. Masalah yang tersisa adalah soal waktu dan siapa yang “kebetulan” akan berada di waktu yang tepat tersebut. Teknologi lokasi mungkin tak terlalu populer beberapa waktu lalu. Tapi memang pada dasarnya salah satu jenis tipe data ini memang akan mendapat giliran untuk jadi first citizen class di ekosistem internet. Koprol, Foursquare dan Gowalla mengalahkan pendahulunya di bidang perlokasian. Even Google Latitude and Yahoo!’s FireEagle.

Status sudah jadi warga kelas pertama. Lokasi sudah. Dengan gerak-gerik Twitter dan Facebook di semantic web, tren ini tampaknya akan berlanjut. Kalau Anda sudah membaca ulasan OpenGraph beberapa waktu lalu, Anda pasti bisa melihat bahwa apa yang hendak dicapai dengan OpenGraph ini terlalu besar untuk bisa dipenuhi satu entitas saja. Masih ada kesempatan lebar untuk membuat spesifikasi dan implementasinya bisa memuaskan suatu unit terkecil sejenis lokasi. Every verb and noun will count!

Luck = Opportunity Meets Preparation

Jika kamu siap, kedatangan pemain besar ke Indonesia dan hype yang dibawanya akan jadi keberutungan Anda. The wave is coming. Are you going to dive or surf it?

Comments are closed.