End to End, Thinking.

End to End, Thinking.

No brainer ya kalau ketersediaan pasar itu harus jadi pertanyaan dalam proses validasi ide? Setelah ide didapatkan, langkah pertama jangan masuk ke teknologi. Langkah pertama adalah pastikan ketersedian orang-orang yang punya pain-point yang sama. Keberadaan orang-orang ini akan jadi syarat sukses supaya at the very least ide Anda bisa berjalan setelah diimplementasikan. An initial market as a jump start to run your idea.

Mature or Not Mature

Market ini terkadang tidak selalu harus telah benar-benar tersedia secara eksplisit. Semakin eksplisit, berarti semakin tinggi pula tingkat konfidensi Anda dalam meraih kesuksesan. Namun ada juga yang cukup yakin dengan market yang masih belum tumbuh. Yang masih memerlukan insentif supaya mau menunjukkan dirinya. Model yang terakhir ini paling menarik, paling beresiko dan paling menjanjikan. Siapa nyana hape qwerty kacangan bisa laris bak kacang goreng.

Pasar yang telah matang mampu membuat Anda start lebih cepat. Tak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membuatnya benar-benar siap dengan kedatangan produk kita. Ibarat memancing di kolan, Anda tinggal mengarahkan ke tempat yang paling banyak ikannya dan memakai umpan yang paling menarik.

Pasar yang belum mature? Kemungkinan besar tak seorang pun yang memilikinya. Less competition, lebih banyak waktu untuk mematangkan produk lewat berbagai eksperimen.

Centralized or Distributed

Pasar sudah ada dan telah matang, sering kali kita yakin dengan hal ini. Tapi kita mengabaikan fakta bahwa ternyata pasar tersebut tersebar. Selama ini yang kita nilai adalah agregasinya. Hal ini sepertinya sering menjadi pitfall di dunia online. Siapa yang tak butuh program A? Pasti banyak yang memerlukan, hanya saja mereka tersebar di pelbagai belahan dunia dan tak pernah terkumpul dalam satu kolam.

Oh, what about viral product? Yang tak memerlukan kumpulan massa tapi mampu mendistribusikan produk itu sendiri? Ini sih yang ideal. But still, cara yang lebih efektif adalah mengumpulkan sejumlah orang yang kemudian menjadi agen penyebar. Menyebarkan produk dari satu orang akan menuntut waktu lebih lama sampai terjadi efek viral. Cara terbaik untuk mengosongkan air dari dalam kantung plastik adalah dengan membuat cukup lubang sehingga air bisa keluar dengan cepat dan tak membuat plastik tersebut pecah.

Thinking End to End

Ketika Anda hendak membuat proposal atau startup, berpikir secara end-to-end, dari ujung ke ujung menjadi penting. Seperti business plan, harus dijabarkan dari mana ide akan dimulai, apa saja yang diperlukan, bagaimana akan didanai, bagaimana akan dipasarkan atau dijual, dan bagaimana mendapatkan profit dan exit strategy apa yang dipakai untuk “menutup” ide.

Ketika memikirkan startup, jangan lupa memikirkan pain point dan siapa saja pemilik pain point. Di mana dan bagaimana Anda akan merengkuh mereka. You need a wheel to run your car. No wheel, no move. Better wheel, less fuel.

Comments are closed.