Apa Arti Woot Bagi Amazon?

Apa Arti Woot Bagi Amazon?

Sudah tahu kan Woot telah dibeli oleh Amazon? Setelah Zappos, Woot yang juga terkenal dengan ciri khasnya kini menjadi bagian Amazon. Dua-duanya, Zappos dan Woot bergerak pada area yang sejajar dengan Amazon: jual beli. Apa sih kira-kira makna pembelian dua perusahaan unik ini bagi Amazon?

Less Unsold Inventory

Ini yang pertama terlintas di kepala saya. definitely not the best guess, tapi bisa make sense. Zappos dan Woot bisa jadi channel extra yang saling bersinergi dalam rangka meningkatnya sales Amazon. Woot terutama bisa jadi paltform untuk menjual barang yang kurang laku dan mengendon lama di gudang. Caranya? Woot sudah jago menjual barang-barang dengan strategi khas Woot. Menjual inventori Amazon tak akan jadi masalah besar. tentu saja tidak semua jenis inventori.

Hype Channel

Selain berfungis sebagai kanal penjualan ekstra bagi inventori Amazon, Woot juga bisa jadi kandidat kanal hype yang mumpuni. One Day, One Deal bisa dijadikan platform untuk memberikan teaser produk pada konsumen. Taruhlah ada produk baru yang akan segera dirilis ke pasar publik. Amazon bisa memanfaatkan Woot untuk sarana kampanye mengenalkan produk tersebut ke konsumen dalam packaging yang ekslusif. Tidak hanya bermanfaat bagi Amazon, jasa hype channel ini juga bisa dijual ke pihak luar walau mungkin akan jadi sedikit income extra. Pretty much like Twitter’s Promoted Trending Topics.

Business is A Game of Scaling

Bisnis adalah proses menemukan suatu model ekonomi yang mampu menghasilkan revenue lewat strategi tertentu. Jika model yang bisa membeirkan revenue ini sudah ditemukan maka kegiatan selanjutnya adalah proses mereplikasi model ini untuk melipatgandakan revenue. Woot dan Zappos adalah model ekonomi yang sudah terbukti bisa menghasilkan revenue. Dengan resource yang dimiliki Amazon, melakukan scaling atas model ekonomi Wot dan Zappos adalah hal yang memungkinkan. Double the sales force, double the market reach, double the shipping power, double everything and let’s see if the revenue doubles as well.

Kita tutup artikel ini dengan video monyet nge-rap dari Woot saat dibeli oleh Amazon.

Comments are closed.