Google dan Zynga, Ada Apa?

Google dan Zynga, Ada Apa?

Google ternyata berinvestasi $100+ mio di Zynga. Agak mengagetkan karena kita tak pernah dengar sebelumnya dan kita belum pernah melihat bahwa Google melirik-lirik area game. Facebook yang juga punya deal dengan Zynga sudah lama kita dengar beritanya. Demikian pula dengan Yahoo yang tersirat lewat game-game Zynga yang dipajang di Yahoo! Pulse. Apakah Google ingin meluncurkan website game yang akan dijual seperti MatchMoveGames (hint: KompasGames, DetikGames)?

Secret Recipe

Seperti yang kemarin sempat kita obrolkan di artikel tentang Woot. Menyalin sebuah kisah sukses itu tidak mudah. Kita bisa saja meniru semua komponen sebuah produk sama persis, atau mungkin lebih bagus tapi belum tentu kisah sukses akan berpindah ke tangan kita. Google yang sedemikian besar dan kaya mestinya tak masalah untuk sekedar meniru Zynga. Seperti juga Amazon dengan Zappos. Tapi kunci suksesnya mungkin tak terletak di komponen produknya, atau jumlah inventorinya. Zappos is about happyness. Hal ini tidak bisa disalin dengan mudah. Ada banyak kombinasi yang memang hanya terjadi lewat keberuntungan (preparation + opportunity) tertentu. Berbagai kombinasi faktor ini jadi secret recipe. Google ingin resep rahasia ini.

The Next Big Thing

Permainan adalah esensi dari banyak aktivitas. Kita bisa saja bilang bahwa Augmented reality dan Location Based Service (LBS) adalah the next big thing, tapi tetap saja kita perlu melapisinya dengan permainan. Jika tidak, akan sulit dilakukan interaksi dengan pengguna. Hal ini sudah terbukti dengan FourSquare, dan GetGlue. Badges di Foursquare dan GetGlue (semantic related) membuat misi yang semula mustahil atau membosankan menjadi executable.

Sementara game itu sendiri juga jadi kandidat sebagai the next big thing. Game online sudah lama ada dan sudah punya jaringan sosial tersendiri dalam satu game tersebut. Beberapa perusahaan besar seperti Blizzard, Microsoft (via XBOX) juga punya komunitas kuat. Namun gugusan pulau game ini belum terkoneksi satu sama lain. Google, yang sepertinya tak terlalu berbakat di dunia social, mungkin hendak mencoba sekali lagi terjun ke pasar ini.

The Usual Suspect?

Dengan rumor akan diluncurkannya Google Me, investasi ke Zynga ini jadi make sense. Banyak yang menduga Zynga akan jadi bagian penting dalam Google Me. Games memang bisa menarik banyak orang, namun jika yang dimaksud Google adalah game yang sama dengan apa yang ada di Facebook dan Yahoo!, tampaknya Google Me tak akan punya banyak value. Lagipula beberapa game Zynga pasti sudah diikat kontrak ekslusif beberapa tahun oleh Facebook.

Bagaimana dengan Chrome Games? Bisa jadi Zynga akan dibuka platformnya lewat Google Me dan diintegrasikan di chrome sebagai bagian dari Chrome App Store.

Kira-kira, apa yang terlihat dari kacamata Google sewaktu menatap Zynga?

Comments are closed.