Early Adopters? Not a Market.

Early Adopters? Not a Market.

Google Wave is (almost) dead. Jumlah adopsi yang terjadi ternyata jauh di bawah harapan. Google pun akhirnya memutuskan untuk menghentikan pengembangannya sebagai produk standalone. What did go wrong? Sebagian mungkin ada hubungannya dengan early adopters. Apakah kita harus menarget early adopter?

Early Adopting is a Habit

Early Adopter bukanlah pengguna. Early Adopting adalah perwujudan hobi. Keingintahuan yang berulang akan produk-produk baru yang dikeluarkan perusahaan terkenal atau disebut-sebut oleh pimpinan tribe. Early adopting is not really a need walau sebenarnya sudah seperti bentuk ketagihan. Jika early adopting disebut kebutuhan maka kebutuhan ini tergolong kebutuhan tersier. Pemenuhannya tergantung dari banyak faktor. Prioritasnya ada di bagian paling bawah.

Early Adopter Will Leave You

Logis. Karena early adopter adalah orang dengan hobi bukan orang dengan kebutuhan maka tentu saja produk Anda akan ditinggalkan. Konsumen bertipe early adopter adalah para “pemberani” yang mau mencoba dan mau bertoleransi terhadap beberapa kekurangan hanya demi merasakan menjadi yang pertama. Jika produk kita didesain hanya untuk orang-orang ini maka ketika mereka sudah memperoleh kepuasan menjadi yang pertama, produk Anda pun akan segera ditinggalkan. Konsekuensinya, produk kita tidak boleh berhenti dipoles sampai kondisi memuaskan bagi early adopter saja.

Early Adopter is a Rocket Launcher

Early Adopting adalah fase euforia. Orang memakai produk karena orang lain telah memakai produk tersebut. Ketika pimpinan tribe tidak lagi membicarakannya maka hilang pula selera orang-orang terhadap produk tersebut.

Ibarat peluncur roket, early adopter akan melontarkan produk Anda setinggi mungkin. But, that’s it. Selanjutnya akan ditentukan oleh: apakah produk Anda memiliki sayap untuk tetap terbang? Apakah produk Anda punya bahan bakar lebih untuk tetap mengorbit.

Fase euforia tak bertahan lama. Mendapatkan fase euforia pun tidak gampang. Sekali kita berhasil memindahkan produk kita ke dalam fase ini sebaiknya kita sudah siap dengan rencana untuk membuatnya bertahan lama sekaligus bersiap mengorbit sendiri tanpa tenaga early adopters.

Are you ready?

Comments are closed.