Focus on high leverage activities. Leverage is defined as the amount of output or impact produced per unit of time spent.

Make it count!

RonaldWidha ini memang nyebelin. Pas ketika saya senang dengan naiknya nilai pagespeed, dia datang dengan twit di seperti ini:

Sad But True

Sebel, tapi pertanyaan itu memang ada benarnya. Terlalu sering kita berfokus pada kehebohan teknologi. Biar keren, Apache diganti Nginx. Aplikasi di-cache dengan Memcache. Oh, databasenya Nosql, pakai mongodb. Setelah itu, pusing karena tidak ada revenue dari apliasu aplikasi.

In the end, bisnis ya ujungnya harus profit. Kalau ingin nambah fitur atau ganti stack biar keren, hmm, tidak tega saya ngomongnya.

Fast is Better Than Slow

Google bilang seperti itu. Nalarnya simpel. Semakin cepat hasil pencarian muncul, semakin banyak iklan yang bisa ditampilkan tiap detik (secara keseluruhan). Efek lain seperti kepuasan pengguna, adalah alat bantu ukur dan bukan tujuan. Revenue harus 1 billion dollar, kepuasan pelanggan (kalau bisa) 100 persen.

Revenue per Line of Code?

Mengukurnya hanya bisa dilakukan jika kode sudah diluncurkan (deployed). Dan tidak mudah karena ada banyak faktor yang berpengaruh ke revenue. Mengklaim bahwa revenue 1 billion dollar terjadi karena ganti stack bisa memancing pertumpahan darah argumentasi.

Cost per Line of Code?

Saya lebih cenderung memilih unit ukur ini untuk menafsir keefektifan sumber kode. Berapa uang yang dikeluarkan untuk menghasilkan kode tersebut. Berapa orang, berapa jam. Dan supaya masuk akal, unit ukuran lain juga harus ada untuk dijadikan guideline kode seperti apa yang layak diukur. Seperti, berapa tes yang gagal, seberapa jauh menyimpang dari standar penulisan kode, dsb.

Focus on high leverage activities

Saya dapat kalimat ini di linimasa. Intinya, apapun aktifitas atau fitur yang anda tambahkan, pastinya hasilnya adalah termasuk highest impact. Daftar highest impact tentunya akan berbeda-beda di tiap tempat. Cara penyusunan daftar inilah yang perlu jam terbang tinggi. Beberapa bisa jadi simpel, tapi pada orang tertentu kadang tak tampak masuk akal. Coba saya baca versi panjang kalimat tersebut di Quora.

Jadi, whatever it is the code you’ll write. Make it count!

Photo by latemodelresto

0 comments